vesoe.blogspot.com - بسم الله الرحمن الرحيم
ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺍﻟﻔﺘﺎﺡ ﺍﻟﺠﻮﺍﺩ، ﺍﻟﻤﻌﻴﻦ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺘﻔﻘﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻣﻦ ﺍﺧﺘﺎﺭﻩ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﺒﺎﺩ، ﻭﺃﺷﻬﺪ ﺃﻥ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺍﻟﻠﻪ، ﺷﻬﺎﺩﺓ ﺗﺪﺧﻠﻨﺎ ﺩﺍﺭ ﺍﻟﺨﻠﻮﺩ، ﻭﺃﺷﻬﺪ ﺃﻥ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻣﺤﻤﺪﺍ ﻭﺭﺳﻮﻟﻪ، ﺻﺎﺣﺐ ﺍﻟﻤﻘﺎﻡ ﺍﻟﻤﺤﻤﻮﺩ، ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻟﻪ ﻭﺃﺻﺤﺎﺑﻪ ﺍﻻﻣﺠﺎﺩ ﺻﻼﺓ ﻭﺳﻼﻣﺎ ﺃﻓﻮﺯ ﺑﻬﻤﺎ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻤﻌﺎﺩ.
--------
Segala puji bagi Allah SWT yg maha pembuka dan maha pemberi lagi maha penolong untk pemahaman agama bagi orang yg dipilihnya dari sebahagian hamba- hambanya yg shalih. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dgn kesaksian yg memasukan kami kepada negri yg kekal abadi. Dan aku berrsaksi bahwa pemimpin kami yaitu Nabi Muhammad SAW adlh rasulnya sebagai pemilik maqam yg terpuji. Semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan rahmat dan salam kepada keharibaan nya dan atas keluarga serta para shahabatnya yg mulia. Dengan rahmat dan salam, semoga aku berbahagia karena pahala kedua kalimat tersebutnya pd hari akhirat kelak
=======================
ﻭﺑﻌﺪ ﻓﻬﺬﺍ ﺷﺮﺡ ﻣﻔﻴﺪ ﻋﻠﻰ ﻛﺘﺎبي ﺍﻟﻤﺴﻤﻰ ﺑﻘﺮﺓ ﺍﻟﻌﻴﻦ ﺑﻤﻬﻤﺎﺕ ﺍﻟﺪﻳﻦ، ﻳﺒﻴﻦ ﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﻭﻳﺘﻤﻢ ﺍﻟﻤﻔﺎﺩ، ﻭﻳﺤﺼﻞ ﺍﻟﻤﻘﺎﺻﺪ ﻭﻳﺒﺮﺯ ﺍﻟﻔﻮﺍﺋﺪ. ﻭﺳﻤﻴﺘﻪ: ﺑﻔﺘﺢ ﺑﺸﺮﺡ ﻗﺮﺓ ﺍﻟﻌﻴﻦ ﺑﻤﻬﻤﺎﺕ ﺍﻟﺪﻳﻦ. ﻭﺃﻧﺎ ﺃﺳﺄﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻜﺮﻳﻢ ﺍﻟﻤﻨﺎﻥ ﺃﻥ ﻳﻌﻢ ﺍﻻﻧﺘﻔﺎﻉ ﺑﻪ ﻟﻠﺨﺎﺻﺔ ﻭﺍﻟﻌﺎﻣﺔ ﻣﻦ ﺍﻻﺧﻮﺍﻥ، ﻭﺃﻥ ﻳﺴﻜﻨﻨﻲ ﺑﻪ ﺍﻟﻔﺮﻭﺩﺱ ﻓﻲ ﺩﺍﺭ ﺍﻻﻣﺎﻣﺎﻥ، ﺇﻧﻪ ﺃﻛﺮﻡ ﻛﺮﻳﻢ ﻭﺃﺭﺣﻢ ﺭﺣﻴﻢ .
--------
Adapun selanjutnya, kitab ni adlh sebuah syarah yg berfaedah yg tertuang dari sebuah kitab karanganku yg bernama "Qurratul-'ain bimuhimatid-diin" (padangan mata bersama dgn perihal penting dlm agama). yg meng-explain tentang intents and purposes agama, dan menyempurnakan avail (faedah) yg memberikan neraca pd tiap tujuan, serta mencerahkan warna kemanfaatan sebuah faedah. Yang aku namai dgn nama "Qurratul-'ain bimuhimatid-diin". Aku memohon kepada Allah SWT yg maha mulia lagi maha pemberi nikmat, semoga kitab ni bermanfaat secara universal, baik untk orang yg khusus maupun orang yg awam dari kalangan saudara- saudara kami. Dan semoga Allah SWT menempatkanku kedalam surga firdaus dgn wasilah kitab ini, yaitu dinegeri yg penuh dgn kenyamanan. Sesungguhnya dia (Allah) adlh zat yg maha belas kasihan.
=====================
ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ ﺃﻭﻟﻒ: ﻭﺍﻻﺳﻢ ﻣﺸﺘﻖ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻤﻮ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻌﻠﻮ، ﻻ ﻣﻦ ﺍﻟﻮﺳﻢ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﻭﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻢ ﻟﻠﺬﺍﺕ ﺍﻟﻮﺍﺟﺐ ﺍﻟﻮﺟﻮﺩ، ﻭﻫﻮ ﺍﺳﻢ ﺟﻨﺲ ﻟﻜﻞ ﻣﻌﺒﻮﺩ، ﺛﻢ ﻋﺮﻑ ﺑﺄﻝ ﻭﺣﺬﻓﺖ ﺍﻟﻬﻤﺰﺓ، ﺛﻢ ﺍﺳﺘﻌﻤﻞ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻌﺒﻮﺩ ﺑﺤﻖ، ﻭﻫﻮ ﺍﻻﺳﻢ ﺍﻻﻋﻈﻢ ﻋﻨﺪ ﺍﻻﻛﺜﺮ، ﻭﻟﻢ ﻳﺴﻢ ﺑﻪ ﻏﻴﺮﻩ ﻭﻟﻮ ﺗﻌﻨﺘﺎ. ﻭﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ ﺻﻔﺘﺎﻥ ﺑﻨﻴﺘﺎ ﻟﻠﻤﺒﺎﻟﻐﺔ ﻣﻦ ﺭﺣﻢ، ﻭﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺃﺑﻠﻎ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ، ﻷﻥ ﺯﻳﺎﺩﺓ ﺍﻟﺒﻨﺎﺀ ﺗﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﺯﻳﺎﺩﺓ ﺍﻟﻤﻌﻨﻰ، ﻭﻟﻘﻮﻟﻬﻢ: ﺭﺣﻤﻦ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﺍﻻﺧﺮﺓ، ﻭﺭﺣﻴﻢ ﺍﻻﺧﺮﺓ:
--------
Bismillahirrahmanirrahiim, Aku menyusun kitab ni dgn nama Allah yg maha pengasih lagi maha penyayang. lapadz (ﺍﻻﺳﻢ) dibentuk dari kata (ﺍﻟﺴﻤﻮ) yg berarti tinggi, bukan di ambil dari kata (ﺍﻟﻮﺳﻢ) yg berarti tanda / alamat. Sedangkan lapaz (ﺍﻟﻠﻪ) adlh sebangsa Alam (nama) bagi zat yg wajib wujud, yaitu isim jinis bagi tiap-tiap yg disembah. kemudian di ma'rifatkan dgn alif-lam lalu dibuang hamzahnya, kemudian digunakan pd sesuatu yg disembah. lapazd (ﺍﻟﻠﻪ) adlh sebuah nama yg agung menurut mayoritas. dan tak boleh dinamai dgn nama tersebut selain Allah, sekalipun ia adlh orang yg durhaka. Lapadz (ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ) adlh dua sifat yg di bentuk sebagai mubalaghah dari asal (ﺭﺣﻢ). lapadz (ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ) maknanya lebih unggul dari lapaz (ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ), sebab bertambahnya bentuk menunjukan bertambahnya makna. karena ada sebuah ucapan para ulama : "ﺭﺣﻤﻦ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﺍﻻﺧﺮﺓ، ﻭﺭﺣﻴﻢ ﺍﻻﺧﺮﺓ " (Makna Ar-rahman : Allah maha pengasih didunia dan akhirat, dan makna Ar-rahim: Allah maha pengasih diakherat)
========================
ﺍﻟﺤﻤﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺬﻯ ﻫﺪﺍﻧﺎ ﺃﻱ ﺩﻟﻨﺎ ﻟﻬﺬﺍ ﺍﻟﺘﺄﻟﻴﻒ ﻭﻣﺎ ﻛﻨﺎ ﻟﻨﻬﺘﺪﻱ ﻟﻮﻻﺃﻥ ﻫﺪﺍﻧﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﻟﻴﻪ ﻭﺍﻟﺤﻤﺪ ﻫﻮ ﺍﻟﻮﺻﻒ ﺑﺎﻟﺠﻤﻴﻞ ﻭﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﻫﻲ ﻣﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﺔ ﺍﻟﻤﻘﺮﻭﻧﺔ ﺑﺎﻟﺘﻌﻈﻴﻢ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﺃﻱ ﺍﻟﺘﺴﻠﻴﻢ ﻣﻦ ﻛﻞ ﺁﻓﺔ ﻭﻧﻘﺾ )ﻋﻠﻰ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ( ﻟﻜﺎﻓﺔ ﺍﻟﺜﻘﻠﻴﻦ، ﺍﻟﺠﻦ ﻭﺍﻻﻧﺲ ﺇﺟﻤﺎﻋﺎ - ﻭﻛﺬﺍ ﺍﻟﻤﻼﺋﻜﺔ، ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﻗﺎﻟﻪ ﺟﻤﻊ ﻣﺤﻘﻘﻮﻥ. ﻭﻣﺤﻤﺪ، ﻋﻠﻢ ﻣﻨﻘﻮﻝ ﻣﻦ ﺍﺳﻢ ﺍﻟﻤﻔﻌﻮﻝ ﺍﻟﻤﻀﻌﻒ ﻣﻮﺿﻮﻉ ﻟﻤﻦ ﻛﺜﺮﺕ ﺧﺼﺎﻟﻪ ﺍﻟﺤﻤﻴﺪﺓ، ﺳﻤﻰ ﺑﻪ ﻧﺒﻴﻨﺎ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺍﻟﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺑﺈﻟﻬﺎﻡ ﻣﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﻟﺠﺪﻩ. ﻭﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﻣﻦ ﺍﻟﺒﺸﺮ ﺫﻛﺮ ﺣﺮ، ﺃﻭﺣﻰ ﺇﻟﻴﻪ ﺑﺸﺮﻉ ﻭﺃﻣﺮ ﺑﺘﺒﻠﻴﻐﻪ، ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻟﻪ ﻛﺘﺎﺏ ﻭﻻ ﻧﺴﺦ ﻛﻴﻮﺷﻊ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺴﻼﻡ، ﻓﺈﻥ ﻟﻢ ﻳﺆﻣﺮ ﺑﺎﻟﺘﺒﻠﻴﻎ ﻓﻨﺒﻲ. ﻭﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺃﻓﻀﻞ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺇﺟﻤﺎﻋﺎ. ﻭﺻﺢ ﺧﺒﺮ ﺃﻥ ﻋﺪﺩ ﺍﻻﻧﺒﻴﺎﺀ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻣﺎﺋﺔ ﺃﻟﻒ ﻭﺃﺭﺑﻌﺔ ﻭﻋﺸﺮﻭﻥ ﺃﻟﻔﺎ، ﻭﺃﻥ ﻋﺪﺩ ﺍﻟﺮﺳﻞ ﺛﻠﺜﻤﺎﺋﺔ ﻭﺧﻤﺴﺔ ﻋﺸﺮ. ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻟﻪ ﺃﻱ ﺃﻗﺎﺭﺑﻪ ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ ﻣﻦ ﺑﻨﻲ ﻫﺎﺷﻢ ﻭﺍﻟﻤﻄﻠﺐ. ﻭﻗﻴﻞ ﻫﻢ ﻛﻞ ﻣﺆﻣﻦ، ﺃﻱ ﻓﻲ ﻣﻘﺎﻡ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﻭﻧﺤﻮ، ﻭﺍﺧﺘﻴﺮ ﻟﺨﺒﺮ ﺿﻌﻴﻒ ﻓﻴﻪ، ﻭﺟﺰﻡ ﺑﻪ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﻓﻲ ﺷﺮﺡ ﻣﺴﻠﻢ. ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﻫﻮ ﺍﺳﻢ ﺟﻤﻊ ﻟﺼﺎﺣﺐ ﺑﻤﻌﻨﻰ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﻲ، ﻭﻫﻮ ﻣﻦ ﺍﺟﺘﻤﻊ ﻣﺆﻣﻨﺎﺕ ﺑﻨﺒﻴﻨﺎ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺍﻟﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﻟﻮ ﺃﻋﻤﻰ ﻭﻏﻴﺮ ﻣﻤﻴﺰ. ﺍﻟﻔﺎﺋﺰﻳﻦ ﺑﺮﺿﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ، ﺻﻔﺔ ﻟﻤﻦ ﺫﻛﺮ
-------
Segala puji bagi Allah yg telah memberikan hidayahnya kepada kita, yaitu didalam penyusunan kitab ini. maka tiadalah kita akan mendapatkan petunjuknya jika Allah tak memberikan hidayah-nya.
Lafadz (ﺍﻟﺤﻤﺪ), ber-makna sifat yg indah. Adapun Makna (ﺍﻟﺼﻼﺓ) dari Allah merupakan rahmatnya yg berhubungan dgn pengagungan. sedangkan makna(ﺍﻟﺴﻼﻡ) adlh keselamatan dari tiap kerusakan dan kekurangan.
( ﻋﻠﻰ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ) Atas pemimpin kami, "Muhammad SAW sebagai rasul-Allah". Baik bagi kalangan jin maupun manusia secara ijma ulama. Begitu jg bagi kalangan malaikat. Ini menurut keterangan ulama muhaqqikun
Lapadz (ﻣﺤﻤﺪ) adlh ( ﻋﻠﻢ ﻣﻨﻘﻮﻝ) (Yaitu, nama yg dipindah) dari isim maful yg mudha'af (yaitu, isim maful yg ain fiilnya ganda) ditempatkan untk seseorang yg memiliki perkara terpuji. beliau dinamakan demikian, karena datang ilham dari Allah kepada kakeknya.
Rasul itu berasal dari golongan manusia yg berjenis kelamin laki-laki merdeka, yg di wahyukan untk membawa syareat, dan perintah melakukan tabligh, sekalipun ia tak membawa kitab suci / sebuah salinan kitab dari Allah, seperti nabi yusya' AS walaupun ia tak di perintahkan untk melaksanakan dakwah. Maka yg demikian itu adlh nabi.
Menurut ijma ulama, bahwa seorang Rasul lebih afdhal dari pd seorang nabi. Dan menurut kaul yg shahih bahwa jumlah bilangan nabi sebanyak 124.000. sedangkan jumlah bilangan rasul sebanyak 315.
( ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻟﻪ ) yaitu kerabat-nya kaum mu'minin dari golongan Bani Hasyim dan Bani Muthalib. Ada jg yg mengatakan, "mereka adlh kaum muslimin yg terdapat dlm maqom doa / seumpamanya." Keterangan ni diseleksi oleh para ulama ahli hadits karena ada hadist dhaif, lalu Imam Nawawi menguatkan hal tersebut didalam kitab syarah muslim. (ﻭﺻﺤﺒﻪ) Lapadz (ﻭﺻﺤﺒﻪ) adlh isim jamak dari (ﺻﺎﺣﺐ) yg bermakna (ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﻲ), yaitu, "orang beriman yg berkumpul bersama nabi, walaupun ia buta dan belum aqil baliqh. ( ﺍﻟﻔﺎﺋﺰﻳﻦ ﺑﺮﺿﺎ ﺍﻟﻠﻪ )mereka bahagia dgn ridha Allah yg maha tinggi.Keterangan tadi, adlh shifat bagi orang yg telah di sebutkan
========================
ﻭﺑﻌﺪ( ﺃﻱ ﺑﻌﺪﻣﺎ ﺗﻘﺪﻡ ﻣﻦ ﺍﻟﺒﺴﻤﻠﺔ ﻭﺍﻟﺤﻤﺪﻟﺔ ﻭﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﻣﻦ ﺫﻛﺮ، )ﻓﻬﺬﺍ( ﺍﻟﻤﺆﻟﻒ ﺍﻟﺤﺎﺿﺮ ﺫﻫﻨﺎ )ﻣﺨﺘﺼﺮ( ﻗﻞ ﻟﻔﻈﻪ ﻭﻛﺜﺮ ﻣﻌﻨﺎﻩ ﻣﻦ ﺍﻻﺧﺘﺼﺎﺭ )ﻓﻲ ﺍﻟﻔﻘﻪ( ﻫﻮ ﻟﻐﺔ: ﺍﻟﻔﻬﻢ. ﻭﺍﺻﻄﻼﺣﺎ: ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺑﺎﻻﺣﻜﺎﻡ ﺍﻟﺸﺮﻋﻴﺔ ﺍﻟﻌﻤﻠﻴﺔ ﺍﻟﻤﻜﺘﺴﺐ ﻣﻦ ﺃﺩﻟﺘﻬﺎ ﺍﻟﺘﻔﺼﻴﻠﻴﺔ. ﻭﺍﺳﺘﻤﺪﺍﺩﻩ ﻣﻦ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ ﻭﺍﻟﺴﻨﺔ ﻭﺍﻻﺟﻤﺎﻉ ﻭﺍﻟﻘﻴﺎﺱ. ﻭﻓﺎﺋﺪﺗﻪ ﺍﻣﺘﺜﺎﻝ ﺃﻭﺍﻣﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻭﺍﺟﺘﻨﺎﺏ ﻧﻮﺍﻫﻴﻪ. )ﻋﻠﻰ ﻣﺬﻫﺐ ﺍﻻﻣﺎﻡ( ﺍﻟﻤﺠﺘﻬﺪ ﺃﺑﻲ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺇﺩﺭﻳﺲ )ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ( ﻭﺭﺿﻰ ﻋﻨﻪ ﺃﻱ ﻣﺎ ﺫﻫﺐ ﺇﻟﻴﻪ ﻣﻦ ﺍﻻﺣﻜﺎﻡ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺴﺎﺋﻞ. ﺇﺩﺭﻳﺲ ﻭﺍﻟﺪﻩ، ﻫﻮ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﺑﻦ ﻋﺜﻤﺎﻥ ﺑﻦ ﺷﺎﻓﻊ ﺑﻦ ﺍﻟﺴﺎﺋﺐ ﺑﻦ ﻋﺒﻴﺪ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺑﻦ ﻳﺰﻳﺪ ﺑﻦ ﻫﺎﺷﻢ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻤﻄﻠﺐ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﻣﻨﺎﻑ. ﻭﺷﺎﻓﻊ، ﻭﻫﻮ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﻨﺴﺐ ﺇﻟﻴﻪ ﺍﻻﻣﺎﻡ. ﻭﺃﺳﻠﻢ ﻫﻮ ﻭﺃﺑﻮﻩ ﺍﻟﺴﺎﺋﺐ ﻳﻮﻡ ﺑﺪﺭ. ﻭﻭﻟﺪ ﺇﻣﺎﻣﻨﺎ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺳﻨﺔ ﺧﻤﺴﻴﻦ ﻭﻣﺎﺋﺔ، ﻭﺗﻮﻓﻲ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﺳﻠﺦ ﺭﺟﺐ ﺳﻨﺔ ﺃﺭﺑﻊ ﻭﻣﺎﺋﺘﻴﻦ. )ﻭﺳﻤﻴﺘﻪ ﺑﻘﺮﺓ ﺍﻟﻌﻴﻦ( ﺑﺒﻴﺎﻥ )ﻣﻬﻤﺎﺕ( ﺃﺣﻜﺎﻡ )ﺍﻟﺪﻳﻦ( ﺍﻧﺘﺨﺒﺘﻪ. ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻟﺸﺮﺡ ﻣﻦ ﺍﻟﻜﺘﺐ ﺍﻟﻤﻌﺘﻤﺪﺓ ﻟﺸﻴﺨﻨﺎ، ﺧﺎﺗﻤﺔ ﺍﻟﻤﺤﻘﻘﻴﻦ، ﺷﻬﺎﺏ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﺠﺮ ﺍﻟﻬﻴﺘﻤﻰ، ﻭﺑﻘﻴﺔ ﺍﻟﻤﺠﺘﻬﺪﻳﻦ ﻣﺜﻞ ﻭﺟﻴﻪ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺑﻦ ﺯﻳﺎﺩ ﺍﻟﺰﺑﻴﺪﻯ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ، ﻭﺷﻴﺨﻲ ﻣﺸﺎﻳﺨﻨﺎ: ﺷﻴﺦ ﺍﻻﺳﻼﻡ ﺍﻟﻤﺠﺪﺩ ﺯﻛﺮﻳﺎ ﺍﻻﻧﺼﺎﺭﻱ، ﺍﻻﻣﺎﻡ ﺍﻻﻣﺠﺪ ﺃﺣﻤﺪ ﺍﻟﻤﺰﺟﺪ ﺍﻟﺰﺑﻴﺪﻯ ﺭﺣﻤﻬﻤﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ. ﻭﻏﻴﺮ ﻫﻢ ﻣﻦ ﻣﺤﻘﻘﻲ ﺍﻟﻤﺘﺄﺧﺮﻳﻦ ﻣﻌﺘﻤﺪﺍ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺟﺰﻡ ﺑﻪ ﺷﻴﺨﺎ ﺍﻟﻤﺬﻫﺐ: ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﻭﺍﻟﺮﺍﻓﻌﻲ ﻓﺎﻟﻨﻮﻭﻱ ﻓﻤﺤﻘﻘﻮ ﺍﻟﻤﺘﺄﺧﺮﻳﻦ. ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻢ، )ﺭﺍﺟﻴﺎ ﻣﻦ( ﺭﺑﻨﺎ )ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺃﻥ ﻳﻨﺘﻔﻊ ﺑﻪ ﺍﻻﺫﻛﻴﺎﺀ( ﺃﻱ ﺍﻟﻌﻼﺀ، )ﻭﺃﻥ ﺗﻘﺮ ﺑﻪ( ﺑﺴﺒﺒﻪ )ﻋﻴﻨﻲ ﻏﺪﺍ( ﺃﻱ ﺍﻟﻴﻮﻡ ﺍﻻﺧﺮ )ﺑﺎﻟﻨﻈﺮ ﺇﻟﻰ ﻭﺟﻬﻪ ﺍﻟﻜﺮﻳﻢ ﺑﻜﺮﺓ ﻭﻋﺸﻴﺎ( ﺁﻣﻴﻦ .
---------
Adapun selanjutnya, Setelah melewati penjelasan tentang Basmalah dan Hamdalah serta pengucapan shalawat dan salam atas siapa yg disebutkan. Penyusun menghadirkan sebuah konsiderasi (sebagai ringkasan kecil) yg mencakup sedikit lapadz dan banyak makna terurai didalamnya, sebagai Sebuah summary / ringkasan (dalam pengenalan ilmu fiqih).
Fiqih secara etimologi adlh pemahaman . Dan menurut istilah adlh ilmu yg mengetahui warna "hukum syareat-amaliah" yg dikaji dari directory yg akurat, yg pengambilan-nya Melalui otoritas Al- Quran, As-sunnah, ijma para ulama dan qiasy.
Adapun faedah mempelajari ilmu tersebut adlh untk merealisasikan segala perintah- perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-nya.(melalui madzhab Imam Syafii) pen. Beliau adlh Al mujtahid abi Abdillah Muhammad bin Idris bin Syafii (semoga Allah SWT senantiasa merahmati dan meridhoinya)pen. yaitu primary-hukum yg bermadzhab Imam Syafie dlm mengurai masalah masalah agama .
Nama Idris adlh nama orang tua beliau(Imam Syafei), dia (idris) adlh anak dari Ibnu abas bin Utsman bin Syaafii bin Saaib bin Ubed bin Abdun bin Yajid bin Haasyim bin Abdul Muthalib bin Manaf.
Nama As-syafii adlh nama yg di hubungkan kepada imam syafii, yg masuk islam pd waktu terjadi perang badar, dan bapak beliau bernama Saaib. Imam kita dilahirkan pd tahun 150 Hijriayyah dan wafat hari jumat pd akhir bulan rajab tahun 204 hijriyyah.
Saya namakan kitab ni dgn "Qurratul'ain" yg disertai dgn penjelasan penting untk mengetahui basic hukum-hukum (agama).
Syarah kitab ni di-ambil dari sumber kitab-kitab yg akurat milik guru kami. Beliau adlh khatimah (penutup)ulama Muhaqqiqin (yaitu ulama ahli hakekat dari para wali- wali Allah) yakni, Syihabudin Ahmad bin Hajar Al haitami. Baqiyatul mujtahidin seumpama Syekh Wajihudin Abbdurahman bin jayadi Aj-jubaidi (semoga Allah SWT Meridhoinya) dan dua guru besar kami, yaitu Syekh islam Al mujadid Zakariya Al-anshari Al- imam Al-amjad ahmad Aj-jubaidi (Semoga Allah SWT senantiasa merahmatinya). Dan selain mereka ada dua orang muhaqqiq Mutaakhir yg mu'tamad, yaitu Imam Nawawi dan Imam Rafii. Adapun Imam Nawawi adlh muhaqiq mutaakhir (semoga Allah meridhoinya).
Berharap dari tuhan kami yg maha
pengasih, semoga kitab ni bermanfaat bagi para adzkiya (orang
yg cerdas) yaitu orang yg tinggi derajatnya, dan semoga dgn kitab ni pula berlinang air mata- bahagiaku pd hari kiamat kelak, karena dpt melihat wajah tuhanku yg maha mulia dari pagi hingga petang..... Aaamiin...!
Oleh: Muqit Ismunoer
Wednesday, December 30, 2015
0 Response to "Terjemah Kitab Fathul Mu'in: Bab. Maqadimah"
Post a Comment